Home | Berita | Wali Kota Medan Tinjau UN di SD Pertiwi
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Wali Kota Medan Dzulmi Eldin ketika menyaksikan para siswa mengikuti ujian Wali Kota Medan Dzulmi Eldin ketika menyaksikan para siswa mengikuti ujian

Guna memberikan semangat kepada para siswa Sekolah Dasar (SD) dalam menjalani Ujian Nasional ( UN ) tingkat SD di Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi, Senin (16/5) berkesempatan mengunjungi pelaksanaan ujian di SD Swasta Pertiwi Jalan Budi Pembangunan Kelurahan Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat.

 

            Pada hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SD, selain Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi mengunjungi SD Pertiwi Pulo Brayan Kota, Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi berkesempatan pula meninjau pelaksanaan UN di SD Swasta Sutomo-1 Jalan Jambi Medan.

                Dihari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah dasar (SD) di Kota Medan berjalan dengan baik dan lancar, Tercacat ada 44.191 siswa  mengikuti  ujian yang akan berlangsung selama 3 hari tersebut. Wali Kota Medan,  Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melihat para siswa tampak telah siap untuk menghadapi  tiga mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia,  matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA).

                Kesiapan para siswa ini ini terlihat ketika Wali Kota meninjau pelaksanaan UN di SD Pertiwi Jalan Budi Pembangunan, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat. Di sekolah itu  digunakan 12 ruangan untuk melaksanakan UN, sedangkan jumlah siswa yang menjadi peserta UN sebanyak 225 orang.

                Eldin hadir sekitar pukul 07.45 WIB didampingi Kadis Pendidikan Kota Medan, Marasutan Siregar. Selanjutnya, Eldin meninjau ruang , para siswa saat itu tengah  menunggu waktu ujian dimulai, sedangkan lembar soal dan jawaban sudah dibagikan oleh guru pengawas.  Wali Kota berpesan agar  para siswa tidak perlu panik dan membaca soal dengan teliti sehingga apa yang dimaksud dalam soal dapat terjawab dengan baik.

                “Yang lebih penting lagi, sebelum ujian  jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. Insya Allah anak-anak semua akan diberi ketengan dan kemudahan dalam menjawab seluruh soal yang diujikan. Yakinlah dengan kemampuan masing-masing, sebab soal-soal  yang diujikan ini telah dipelajari selama ini,” kata Wali Kota.

                Tepat pukul 08.00 WIB, bel panjang PUN berbunyi tanda dimulainya ujian. Seluruh siswa langsung serius dan konsentrasi  penuh  membaca soal  sekaligus  menjawabnya. Untuk hari pertama, mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, sedangkan hari kedua dan ketiga adalah matematika serta IPA.

                Eldin  melihat umumnya para siswa tampak siap menghadapi UN tersebut. Kesiapan itu tidak terlepas karena mereka telah mempersiapkan diri dengan belajar maupun bimbingan yang telah diberikan para guru. Di samping itu Eldin pun yakin masing-masing sekolah telah belajar dari UN-UN sebelumnya, sehingga hasil UN tahun ini tentunya ingin jauh lebih baik lagi.

                “Selain sudah mempersiapkan diri dengan baik, para siswa juga menyadari bahwa UN ini merupakan evaluasi akhir dari pelajaran yang mereka terima selama ini. Insya Allah pelaksanaan UN tingkat SD di Kota Medan tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, serta hasilnya lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya,”  ungkapnya.

                Kadis Pendidikan Kota Medan, Marasutan Siregar mengatakan, UN tingkat SD di Kota Medan diikuti sebanyak 44.191 siswa. UN berlangsung selama 3 hari ditambah ujian lokal yang juga berlangsung 3 hari. Marasutan berharap pelaksanaan UN tingkat SD ini berjalan dengan baik dan lancar seperti pelaksanaan UN tingkat SMA dan SMP yang telah berlangsung lebih dulu.

                “Untuk UN tingkat SMA sudah pengumuman, siswa yang tidak lulus karena tidak ikut ujian. Insya Allah siswa  yang mengikuti UN lulus keseluruhannya. Harus diingat, tujuan digelarnya ujian ini ada 3, yakni sebagai indikator pemetaan  standard nasional, sebagai pertimbangan memasuki jenjang yang lebih tinggi serta  sebagai alat pembinaan,” jelas Marasutan.

                Dipaparkan Marasutan, apabila ada sekolah yang hasil UN-nya rendah bukan diberi sanksi atau teguran melainkan dilakukan pembinaan terhadap sekolah yang bersangkutan bekerjasama dengan pihak pusat.

                “Tahun lalu sekolah-sekolah yang rendah nilainya dipanggil ke pusat dan ditanggung seluruh transportnya. Di sana (pusat) dapat anggaran lagi untuk biaya pembinaan terhadap guru-gurunya. Sebab, naskah ujian itu  sudah dipelajari dan materi yang diujikan tidak boleh lari dari kisi-kisi yang telah ditetapkan. Kisi-kisi itu pun sudah disampaikan dan kita pun telah melakukan pelatihan terhadap seluruh guru di Kota Medan,” papar Marasutan.

                Sementara itu menurut Kepsek SD Pertiwi, Irwan Efendi Daulay SPd, tidak ada masalah sedikit pun dalam pelaksanaan UN di SD Pertiwi. Selain seluruh siswa dan guru pengawas hadir semua, lembar soal maupun jawaban pun tidak ada yang kurang. Irwan berharap. “Semua berjalan dengan lancar, kita harapkan kelulusan tahun ini 100 persen sama seperti tahun lalu,” ujar Irwan.

                Di waktu bersamaan, Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi meninjau pelaksanaan UN di SD Swasta Sutomo-1 Jalan Jambi Medan. Kedatangan Akhyar diterima Kepsek SD Sutomo-1, Helen SSi Apt didampingi KPUT Dinas Pendidikan Kota Medan Perjuangan, Nurchadidjah. Pelaksanaan UN berjalan lancar, peserta ujian sebanyak 712 siswa yang ditempatkan dalam 72 ruangan kelas.

                Selain Wali Kota dan Wakil Wali kota, peninjauan juga dilakukan Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis diwakili Kabid Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Medan, Masrul meninjau UN di SD Model Al Azhar Medan. Peserta ujian 22 siswa, ditempatkan di 2 ruangan. Saat peninjauan Masrul didam;pingi Kepsek SD Model Al azhar, Eriza Dahlia SPd. (kgy)

                

 

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Kantor ORDA Sumatera Utara
Jl Jend.Gatot Subroto Komp.PRSU No.238
Medan Sumatera Utara
Telp. : 081263331010 - 081361578515
Fax. :
Email : sumut@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
ORARI Daerah Sumatera Utara
ORARI is a member-society and International Secretariat of the International Amateur Radio Union
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top