Home | Berita | Pengusaha India Siap Investasi di Medan
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Wali Kota saat menerima utusan India Wali Kota saat menerima utusan India

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (17/5). Selain bersilaturahmi, kunjungan ini dilakukan terkait ketertarikan pemerintah India untuk menjalin kerjasama dengan Pemko Medan.

 

                Sebagai bentuk keseriusan  pemerintah India untuk menjalin kerjasama tersebut, Nengcha pun membawa sejumlah pengusaha asal  India yang menyatakan kesiapan mereka untuk berinvestasi di Kota Medan. Apalagi diantara pengusaha yang hadir itu, beberapa diantaranya telah berinvestasi dan membuka usaha di sejumlah kota di Indonesia.

                “Kita siap menjalin kerjasama dengan Pemko Medan. Apalagi  hubungan antara pemerintrah India dengan Indonesia, terutama Kota Medan sudah terjalin dengan baik selama ini. Di samping itu kita melihat banyak hal  yang bisa kita kerjasamakan sehingga akan memberikan manfaat besar,” kata Nengcha.

                Didampingi Konsulat Jendral (Konjen) India  untuk Medan, Mrs Hayar Hujaz, Nengcha berharap hubungan yang selama ini sudah baik dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Apalagi India dan Indoneia memiliki banyak kesamaan. Itu sebabnya hubungan diplomatik antara kedua negara sangat baik sekali.

                Nengcha selanjutnya memperkenalkan satu persatu pengusaha yang datang bersama. Mereka menggeluti dunia usaha yang berbeda, seperti pengusaha pengolahan crude plam oil (CPO), batu bara, kimia, importir pengolahan air limbah serta outomotif.  Keseluruhan pengusaha mengaku tertarik dan siap berinvestasi di Kota Medan.

                “Kita pun siap menjalin kerjasama di bidang  pendidikan dan kesehatan. Sebab, India sudah memiliki teknologi yang cukup bagus untuk kedua bidang tersebut. Semoga kerjasama ini dapat diwujudkan,” harapnya.

                Wali Kota didampingi sejumlah pimpinan SKPD menyambut baik atas kunjungan Dubes India tersebut. Apalalagi selain bersialturahmi  dan ingin meningkatkan  hubungan kerjama, sang dubes juga membawa sejumlah pengusaha India untuk menjajaki peluang-peluang apa saja yang dapat diinvestasikan di Kota Medan.

                Eldin menyatakan Pemko Medan siap menerima tawaran itu, termasuk memfasilitasi sehingga pengusaha India bisa berinvestasi di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini. “Insya Allah apabila mereka (pengusahja India) sudah bertemu dengan pengusaha-pengusaha dari Kota Medan,  kita siap menyambungkannya sehingga investasi dapat dilakukan,” jelas Eldin.

                Di samping itu dalam rangka meningkatkan hubungan yang lebih erat lagi, Eldin menyatakan tengah menjajaki peluang untuk dilakukannya hubungan sister city dengan salah satu kota di India, diantaranya dengan Kota Andaman. “Semoga ini bisa terwujud sehingga hubungand engan India bisa lebih erat lagi,” harapnya.

                Kunjungan ini diakhiri dengan saling tukar cindera mata dan pemberian ulos. Sebelum meninggalkan rumah dinas, Dubes India mengundang Wali Kota untuk menghadiri jamuan makan malam di kapal India yang saat ini tengah sandar di dermaga Belawan. (kgy)

 

Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Kantor ORDA Sumatera Utara
Jl Jend.Gatot Subroto Komp.PRSU No.238
Medan Sumatera Utara
Telp. : 081263331010 - 081361578515
Fax. :
Email : sumut@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
ORARI Daerah Sumatera Utara
ORARI is a member-society and International Secretariat of the International Amateur Radio Union
Orari Pusat RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top